Penghargaan Pemkot Yogyakarta 2020 : Catatan sebelum dan sesudah Pandemik

 

Penghargaan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan instansi/perorangan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya di  tengah masyarakat. Bagi Pemerintah Kota Yogyakarta, penghargaan adalah indikator bahwa pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat telah sesuai jalur yang diharapkan, walaupun terkadang ada keluhan dari masyarakat, namun hal tersebut merupakan dinamika dalam sebuah birokrasi.

Awal 2020 menjadi permulaan pandemic Covid-19, hal ini tentu berpengaruh pada semua sektor termasuk jumlah penerimaan penghargaan yang diterima Pemerintah Kota Yogyakarta. Menurut catatan penulis, rata-rata pada tahun-tahun sebelumnya Pemerintah Kota Yogyakarta selalu dihujani berbagai penghargaan hingga 24 buah bahkan lebih, yang artinya setiap bulan meraih 1-2 penghargaan dari berbagai lembaga. Baik instansi pemerintah, LSM, lembaga survey, media masa, maupun lembaga internasional. Hal ini merupakan sesuatu yang patut kita apresiasi, menunjukkan bahwa semangat pelayanan publik mendapat penilaian yang bagus dari masyarakat luas.

Penulis ingin memberikan catatan bahwa tahun 2020, saat awal pandemik hingga saat ini penghargaan yang diterima menunjukan tren penurunan. Hal ini terkait dengan pembatasan kegiatan/kerumuan masyarakat, sebab penerimaan penghargaan diberikan dalam seremonial yang mengundang banyak pihak.

Pada tahun 2020 Pemerintah Kota Yogyakarta meraih 12 penghargaan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Capaian Kapabilitas APIP Level 3 Inspektorat Kota Yogyakarta
  2. Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Yogyakarta Raih Predikat A
  3. ANRI (Arsip Nasional Repubik Indonesia) Award
  4. Pembina BUMD Terbaik 2020 untuk Walikota Yogyakarta
  5. Penghargaan dari BKKBN untuk Walikota Yogyakarta
  6. Penghargaan 10 Kali WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan
  7. Piagam Penghargaan Canggih
  8. Penghargaan Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19
  9. Penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2020 dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.
  10. Penghargaan Dua Nominasi Dalam Bhumandala Award
  11. Penghargaan Innovative Government Award (IGA)
  12. Penghargaan Zona Integritas

Walapun secara angka statistik menunjukkan penurunan, namun semoga hal ini tidak lantas menurunkan citra positif keberhasilan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam menjalankan pembangunan di segala bidang. Sebab keberhasilan tidak hanya berhenti pada capaian penghargaan semata, namun lebih pada manfaat langsung yang dirasakan masyarakat luas.

Catatan penulis, sebelum Pandemik menunjukkan bahwa peroleh penghargaan mencapai angka yang fantastis, setelah Pandemik menunjukkan trend penurunan. Namun demikian, penulis memberikan catatan bahwa penghargaan tidak dimaknai berupa piagam secara fisik yang diberikan periode waktu tertentu, namun yang lebih penting bagaimana Pemerintah Kota Yogyakarta justru mampu memberikan penghargaan terbaik sepanjang masa kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan publik yang berkualitas, peningkatan kesejahteraan, pendidikan yang berkualita serta peningkatan pada semua sektor layanan. Itulah makna sejati penghargaan. (wis)