Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2021 Bagi Walikota Yogyakarta

 

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mendapatkan Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2021 dalam Kategori Pejabat Publik oleh Perpustakaan Nasional Republik, pada acara Gemilang Perpustakaan Nasional yang dilaksanakan secara virtual pada Selasa (14/9) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta.

Penghargan ini sesuai dengan komitmen Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti,  dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat  melalui Kampung Baca yang ada di Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dianggap telah berjasa, berperan aktif, berkontribusi dan berhasil dalam upaya mengembangkan dan mendayagunakan perpustakaan sebagai wahana belajar mandiri, serta berhasil melakukan gerakan pembudayaan kegemaran membaca di wilayahnya.

Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan, pada tahun 2020 Walikota Yogyakarta membentuk 7 kampung baca dan pada tahun 2021 membentuk 14 kampung baca, hingga saat ini sudah terbentuk terbentuk 21 kampung baca. Kedepan diharapkan, semua kampung di wilayah Kota Yogyakarta sudah terbentuk apa yang disebut Kampung Baca.

“Walikota Yogyakarta menyampaikan memang kami anggap sudah berhasil meningkatkan minat baca dengan menginisiasi Kampung Baca di Kota Yogyakarta sejak tahun 2020, harapannya tahun 2022 kita tambah 10 kampung baca lagi,” jelasnya.

Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka diberikan sebagai apresiasi tertinggi Pemerintah melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia terhadap pejabat publik, tokoh masyarakat, jurnalis, media massa, dan lifetime achievement.

Pengembangan perpustakaan khusus

Sejalan dengan prestasi yang diraih, dalam upaya mempertahankan serta membangun kesadaran berliterasi, maka menjadi tugas setiap instansi/OPD untuk terus menghidupkan semangat membaca. Sehingga prestasi yang diraih tidak berhenti pada seremonial semata, namun bermakna esensial dalam kehidupan berliterasi

Bagian Umum dan Protokol menjadi salah satu instansi yang terus menata diri menyediakan perpustakaan khusus bagi kebutuhan bacaan karyawan maupun masyarakat. Saat ini Bagian Umum dan Perpustakaan memiliki sedikitnya 400 buku yang terdiri koleksi umum, produk hukum, agama, pemerintahan, ekonomi, bahkan juga bacaan ringan seperti komik, dan novel.

Menurut Sri Rika, Kasubbag Tata Usaha Pimpinan Bagian Umum Protokol, “Saat ini kebutuhan bahan bacaan semakin dinamis, sehingga kita sebisa mungkin menyadiakan buku yang beragam pula”.

Agar dapat terus meningkatkan jumlah pembaca, Perpustakaan Bagian Umum dan Protokol sedang melaksanaan renovasi ruangan sehingga nantinya ruangan menjadi lebih luas, pembaca semakin nyaman, demikian pula dengan koleksi buku yang semakin banyak. Lebih lanjut Rika menambahankan, setiap tahun ada anggaran khusus untuk pembelian bahan buku pustaka, sehingga koleksi nya semakin bertambah, “Ini masih ditambah lagi dengan koleksi selain pembelian sendiri, yakni dari hibah, pemberian instansi lain, maupun kerjama tukar menukar buku dengan instansi luar”, papar Sri Arika.

Dengan keberadaan Perpustakaan Bagian Umum dan Protokol kita semua berharap kegiatan membaca menjadi sebuah semangat baru dalam membangun masyarakat cerdas berkualitas. Selain itu, dengan adanya perpustakaan khusus di tiap instansi, ASN diharapkan dapat menjadi contoh masyarakat dalam upaya mencerdaskan sendi kehidupan bangsa melalui semangat membaca. (wis)

#HariKunjungPerpustakaan #puskotjogja #kotajogjacintabaca