Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Komwil Forsesdasi) DIY

Yogyakarta - Bertempat di Hotel Royal Ambarrukmo telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Selurih Indonesia (Komwil Forsesdasi) DIY Pada Senin, (31/1).

Pertemuan ini dihadiri oleh Sekda Gunungkidul Sri Suhartanta, Sekda Bantul Agus Budi Raharjo, Sekda Sleman Harda Kiswoyo, Sekda DIY Baskara Aji, mantan Sekda Kulonprogo Astungkoro, mantan Sekda Bantul Helmi Jamharis dan Sekda Gunungkidul Drajad Ruswandono dan Asisten Administrasi Umum Kris Sarjono Sutejo yang mewakili Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta.

Rapat Koordinasi dilaksanakan untuk membentuk dan menyusun pengurus serta program kerja Forsesdasi wilayah DIY tahun 2022-2025, serta membahas isu dan tema yang muncul dan diusulkan dalam forum itu di antaranya persoalan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan tenaga bantuan, reformasi kalurahan, pengelolaan sampah dan sistem informasi pemerintah daerah.

Pemerintah Kota Yogyakarta dalam hal ini mengusung pengelolaan sampah terutama mendorong kerja sama antar daerah kota kabupaten dalam pengelolaan sampah. Mengingat pengelolaan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) di Piyungan yang dikelola Pemda DIY hampir penuh. Program terkait pengelolaan sampah yang akan didorong adalah gerakan zero sampah anorganik. Gerakan itu mengajak masyarakat untuk memilah sampah dari sumber atau hulu seperti dari rumah. Pemilahan sampah organik, anorganik sehingga hanya sampah residu organik yang dibawa ke TPA.