Penerimaan Peserta  PKN II Angkatan IX BPSDM Sumatera Utara Tahun 2023 di Kota Yogyakarta

Dalam program Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX Tahun 2023, dilaksanakan kegiatan visitasi Kepemimpinan Nasional yang merupakan kunjungan peserta PKN Tingkat II ke DPMTSP Kota Yogyakarta.

Kegiatan tersebut diarahkan agar peserta mampu merumuskan lesson learn dan strategi pengembangan potensi DPMTSP Kota Yogyakarta sebagai fokus visitasi kepemimpinan nasional dan strategi memecahkan permasalahan di DPMTSP Kota Yogyakarta pada tanggal 23 Mei 2023.

Penerimaan kunjungan disambut oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Yogyakarta (Drs.Kadri Renggono, M.Si beserta kepala OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Penerimaan kunjungan dilaksanakan di Ruang Yudisthira Balaikota Yogyakarta. Pada awal acara penyambutan oleh pimpinan rombongan yaitu Kabid Manajerial BPSDM Provinsi Sumatera Utara Bapak Muhammad Fauzi Siregar, SIP., MAP menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan peserta PKN Tingkat II Angkatan IX Tahun 2023. Penyerahan cinderamata juga dilakukan oleh kedua belah pihak baik dari pemerintah Kota Yogyakarta juga dari pihak rombongan peserta PKN. 

Pada penerimaan kunjungan PKN Provinsi Sumatera Utara dilakukan diskusi yang dipimpin oleh Bapak Drs. Kadri Renggono, M.Si. Sebelum dilakukan sesi diskusi para peserta PKN satu persatu dipersilahkan untuk memperkenalkan diri. Kegiatan visitasi kepemimpinan nasional ini juga diarahkan untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi peningkatan kemajuan daerah melalui rencana promosi branding yang ditawarkan.

Tema Visitasi Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX Tahun 2023 telah ditetapkan tema sebagai acuan peserta dalam mendukung produk pembelajaran visitasi kepemimpinan nasional. Tema visitasi kepemimpinan nasional PKN Tingkat II Angkatan IX Tahun 2023 ini adalah “Mewujudkan Reformasi Birokrasi Yang Berorientasi Pada Peningkatan Investasi Mendukung Sumatera Utara Bermartabat”.

Dengan mengikuti kegiatan visitasi kepemimpinan nasional bertujuan untuk mengidentifikasi keunggulan kompetitif (competitive advantage) instansi DPMTSP Kota Yogyakarta, memberikan rekomendasi peningkatan keunggulan kompetitif (competitive advantages) DPMTSP Kota Yogyakarta dan berbagi pengalaman hasil visitasi kepemimpinan nasional.

Output/produk pembelajaran bersifat kelompok dan individu, yang diperlukan untuk menilai aktualisasi kepemimpinan dan manajemen strategis setiap peserta. Produk pembelajaran yang bersifat satu kelompok (policy brief).

Lokasi Visitasi Kepemimpinan Nasional Tingkat II Kelompok 1 Angkatan IX Tahun 2023 adalah Dinas PMTSP Kota Yogyakarta. Anggota Kelompok 1 tersebut adalah Sri Suriani Purnamawati, S.Si, Apt, M.Kes (Kepala DInas Sosial Provinsi Sumatera Utara),  Khoiruddin, S.Sos.,SE.MM. (Kepala Dinas Sosial Kota Medan), Rakhmat Adisyah Putra Harahap, S.STP, M.AP. (Kepala Satpol PP Kota Medan), Hadrianus Hia, SPd.,MM. (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat), Drs. Erikson Siagian, M.Si. (Inspektur Kabupaten Tapanuli Utara), Daniel Halomoan Silalahi, AP.,M.Si. (Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Simalungun), Roganda Sihombing, AP.,M.Si. (Inspektur Daerah Kabupaten Simalungun), Riando Parlindungan Purba, S.Sos.,M.AP. (Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Simalungun), Abdi Jaya Pohan, SH. (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Labuhan Batu),  Bontor Arifin Hutasoit, SIP, MSP (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tapanuli Utara), Drs. Juliadi Zurdani, M.Si (Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Sumatera Utara), H. Mhd. Rahmadani Lubis, SE.,MM. (Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumatera Utara), Mansuryah, S.Sos, M.AP. (Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Kota Medan), Akmal Harif Siregar, S.Kom, M.Si. (Asisten Administrasi dan Umum Kabupaten Simalungun) dan Suherman Siagian, SE.,M.Si. (Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbau Utara).

          Agar visitasi Kepemimpinan Nasional menjadi efektif maka setiap kelompok bekerja sama dalam memberikan saran rekomendasi dalam bentuk policy brief terhadap Provinsi Sumatera Utara secara nasional.(Wis)