Bagian Umum dan Protokol sejatinya merupakan gabungan dari dua OPD yang berada di bawah Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta. Bagian Umum terdiri dari  3 Subagg yaitu Subbag Tata Usaha, Subbag Keuangan, Subbag Rumah Tangga. Bagian Protokol  terdiri dari 3 Subbag yaitu Subbag Administrasi Kepala Daerah, Subbag Penatalaksana Acara, dan Subbag Administrasi Sekda dan Staf Ahli. Pembentukan Bagian Umum dan Protokol menjadi satu bagian tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 72 Tahun 2019 tentang Perangkat Daerah dan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta nomor 4 Tahun 2020 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Yogyakarta yang mengamanatkan pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru. Dalam peraturan tersebut mengamanatkan kelembagaan baru bagi Bagian Umum dan Bagian Protokol yang bertransformasi menjadi satu Bagian Umum dan Protokol.

Saat ini Bagian Umum dan Protokol terdiri dari 3 Subbag yaitu,

  1. Subbag Tata Usaha dan Administrasi Pimpinan dan Staf Ahli,
  2. Subbag Rumah Tangga dan Perlengkapan,
  3. Subbag Protokol.

Berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 93 tahun 2020 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Sekretariat Daerah pada pasal 74, Bagian Umum dan Protokol mempunyai tugas sebagai berikut :

melaksanakan penyiapan pelaksanaan kebijakan, pemantauan, dan evaluasi di bidang tata usaha dan administrasi pimpinan, protokol, rumah tangga, dan perlengkapan.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Bagian Umum dan Protokol mempunyai fungsi :

  • pengoordinasian perencanaan program kegiatan Bagian Umum dan Protokol;
  • pengoordinasian pelaksanaan kegiatan di bidang tata usaha dan administrasi pimpinan, protokol, rumah tangga, dan perlengkapan;
  • pengoordinasian dan penyiapan bahan perumusan kebijakan Daerah di bidang tata usaha dan administrasi pimpinan, protokol, rumah tangga, dan perlengkapan;
  • pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah di bidang tata usaha dan administrasi pimpinan, protokol, rumah tangga, dan perlengkapan;
  • pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah di bidang tata usaha dan administrasi pimpinan, protokol, rumah tangga, dan perlengkapan;
  • pengoordinasian pelaksanaan reformasi birokrasi, sistem pengendalian internal pemerintah, zona integritas, ketatalaksanaan, dan budaya pemerintahan pada Bagian Umum dan Protokol;
  • pengoordinasian pengelolaan kearsipan dan perpustakaan Bagian Umum dan Protokol;
  • pengoordinasian pelaksanaan tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan Bagian Umum dan Protokol;
  • pengoordinasian pelaksanaan pemantauan, pengendalian, evaluasi, dan penyusunan laporan Bagian Umum dan Protokol;
  • pembinaan dan pengoordinasian fasilitasi kelompok jabatan fungsional pada Bagian Umum dan Protokol;
  • pengoordinasian penyelenggaraan kegiatan administrasi umum, kepegawaian, perencanaan, evaluasi, pelaporan, keuangan, dan aset Bagian Umum dan Protokol; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Asisten Administrasi Umum yang berkaitan dengan bidang tugas Bagian Umum dan Protokol.

Dibawah Kepemimpinan Ibu Afia Rosdiana, M.Pd Sebagai Kepala Bagian Umum dan Protokol. Harapannya Bagian Umum dan Protokol dapat memberikan energi baru dan semangat pelayanan, baik terhadap pimpinan maupun bagi masyarakat luas. Bagian Umum dan Protokol berkomitmen untuk mewujudkan visi yang sudah ditetapkan yaitu mewujudkan Kota Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan Berkualitas, Pariwisata Berbasis Budaya  dan Pusat Pelayanan Jasa yang Berwawasan Lingkungan. Bagian Umum  dan Protokol juga mempunyai misi untuk Meningkatkan Kapasitas Tata Kelola Pemerintahan di Kota Yogyakarta.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Bagian Umum dan Protokol silahkan mengunduh tautan dibawah ini

https://jdih.jogjakota.go.id/asset/naskah/2020_12_29_13_22_18-128526100.pdf